Pahami, Odometer Penunjuk Kilometer Mobil Ada Macamnya!

Kamis, 07 Sep 2017, 15:00

Mobil kita sudah jalan berapa kilometer,ya? Begitu kira-kira pertanyaan umum saat kita bepergian, yang jawabannya kemudian bisa dilihat dari odometer.

Odometer adalah salah satu indikator di dasbor mobil yang sudah kami bahas di Ibarat Meja Kerja, Dasbor Mobil Isinya Macam-macam. 

Indikator ini ada di mobil untuk menunjukkan jarak tempuh, di samping juga untuk mengetahui jadwal servis.

Bicara soal macamnya, ada yang analog dan ada yang digital. Mobil-mobil zaman dulu kebanyakan bersistem analog. Maksudnya, angka-angka kilometer yang disajikan mengandalkan bundaran-bundaran yang bergerak secara mekanis.

Untuk mobil zaman sekarang, modelnya digital. Angka-angka kilometer tersebut sudah tersedia dalam layar elektronik yang terletak di panelmeter dasbor mobil.

Soal posisinya, biasanya odometer berada di dekat bundaran informasi soal kecepatan mobil (spidometer), putaran mesin mobil (takometer), dan jumlah bensin yang tersedia (fuel level).

"Odometer sering dibaca pengendara saat dia melakukan trip. Kalau dia tidak punya trip meter, dia bisa mengukur jarak tempuh (dari odometer)," kata Abeth N Sonjaya, Recondition & Quality Control Head mobil88.

Trip meter yang disebutkan oleh Abeth sebenarnya juga merupakan alat yang fungsinya serupa dengan odometer, yakni untuk mengukur jarak tempuh dalam suatu perjalanan. 

Bedanya, trip meter bisa hanya digunakan untuk sekali jalan dan bisa direset oleh pengendara jika ingin memulainya dari nol. 

Sementara itu, odometer menunjukkan angka yang bergerak terus seiring pemakaian, sejak mobil keluar dari pabrik.

Lucunya, masih ada yang salah sangka dalam membedakan antara odometer dan trip meter.

"Kalau tidak tahu pemakaiannya, mungkin dia akan menekan tombol yang sebenarnya trip meter," ujar Abeth N Sonjaya.

Kalau kita bicara fungsinya, entah itu analog atau digital, odometer menghitung jarak tempuh berdasarkan seberapa jauh roda bergerak.

Namun bukan cuma urusan jarak tempuh, dari odometer itu pula kita bisa mengetahui seberapa lama mobil tersebut dipakai, alias usianya.

Informasi angka di odometer ini kerap dimanfaatkan ketika kita ingin membeli mobil seken, seperti kami ceritakan di Cek Keaslian Kilometer Sebelum Beli Mobil Seken

Jika kilometernya sedikit, itu bisa berarti bahwa masa pakainya masih lebih lama karena suku-suku cadang dan kebutuhan perawatan lainnya, seperti oli-oli dan filter-filter, masih belum perlu diganti. 

Dengan kata lain, biaya perawatan masih terbilang minim. Makanya, banyak orang membeli mobil seken berdasarkan pada acuan seperti itu.

Nah, sayangnya, banyak pula aksi penipuan terkait odometer. Bagian tersebut diputar balik agar angka yang terlihat menjadi lebih muda. Soal penting ini akan kami bahas dalam artikel selanjutnya berjudul “Ini Hasilnya Kalau Kilometer di Odometer Mobil Diutak-atik”.

Untungnya, hal tersebut sudah diantisipasi di gerai kami, mobil88, karena konsumen dijamin tidak akan mendapatkan mobil yang seperti itu sebab kami punya 5 jaminan dalam program
buyback gurantee

Satu di antaranya adalah jaminan bahwa angka kilometer odometer mobil seken tidak diputar seperti dijelaskan di atas. Yang kedua adalah jaminan bahwa mobil bukan bekas banjir yang bisa berakibat pada masalah kelistrikan hingga karat.

Yang ketiga adalah jaminan bahwa mobil bukan bekas tabrakan yang bisa merusak struktur rangka kendaraan. Yang keempat, dokumen lengkap dan kelima bebas urusan hukum karena nomor rangka dan mesin sudah sesuai STNK dan BPKB. 

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."