Hujan Makin "Ganas", Mobil Perlu Perawatan Apa Nih?

Rabu, 07 Feb 2018, 18:03


Akhir-akhir ini di mana-mana hujan, langit juga mendung membuat suasana hati galau. Tapi, mobil jangan sampai ikut-ikutan "galau". Mobil perlu perhatian lebih supaya performanya tidak terganggu dingin hujan. 

Soalnya, air bisa jadi musuh alami kendaraan. Kita kan kepinginnya mobil tokcer selama musim hujan dan tetap awet sampai musim kemarau tiba, bahkan mungkin lebih lama lagi. Nah, beberapa tips berikut ini bisa dicoba.

Bersihkan bintik air

Berkendara di tengah kondisi hujan mau tak mau memang membuat mobil kotor. Yang jadi masalah, kalau bekas tetesan air hujan ini dibiarkan mengering sendiri sehingga meninggalkan bekas di bodi mobil.

Perlu kita tahu, kebiasaan itu lambat-laun akan membuat warna cat mobil jadi kusam dan ujung-ujungnya berpengaruh ke lapisan cat mobil.

Sebaiknya begitu masuk garasi rumah, segera bersihkan sisa-sisa air hujan di bodi mobil. Tak perlu sampai kinclong, asalkan bekas air hujan yang tersisa hilang.

Lebih bagus lagi jika bodi mobil diberikan lapisan khusus berbahan nano keramik sehingga mudah dibersihkan. Manfaat lainnya, cat mobil terlindung dari jamur. Seperti yang kita tahu ya, jamur kan lebih cepat berkembang di tempat lembab, apalagi di beberapa bagian mobil yang jarang terkena sinar matahari langsung.

Periksa bagian dalam mesin

Kemungkinan air masuk ke sela-sela celah mobil saat menerjang hujan bisa saja terjadi. Kalau sudah masuk, mesin bisa terancam bermasalah. Amit-amit jangan sampai kita terjebak dalam mobil mogok di tengah jalan, pas hujan deras pula!

Oleh karena itu, kita wajib memeriksa kondisi mobil untuk memastikan rembesan air yang mungkin masuk ke dalam bagian dalam kap mesin tertangani dengan baik. Jangan sampai terlambat apalagi jika air kepalang masuk ke lubang udara.

Pastikan mesin kering dari kebocoran. Periksa beberapa sambungan selang bensin, oli, dan filter udara. Jika kita ragu saat mengecek, lebih baik segera bawa ke bengkel langganan untuk diperiksa dan diperbaiki kalau memang terjadi kebocoran.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian penutup sistem elektrik tetap kering. Hal ini karena mobil bisa saja mogok karena masalah arus pendek.

Manfaatkan silicon spray

Ancaman lain saat musim hujan adalah karet bagian jendela mungkin terganggu performanya. Kan tidak lucu ketika bayar tol, kaca mobil tidak mau ditutup gara-gara karetnya kotor

Solusi gampangnya adalah dengan menyemprotkan silicon spray pada sela-sela karet kaca jendela mobil secara berkala. Fungsinya untuk membersihkan kotoran bekas air hujan yang kadang membuat jendela macet. Karet pun jadi lebih terawat dan tidak akan menimbulkan bunyi berdecit saat dibuka ataupun ditutup.

Cegah jamur di karpet

Kemungkinan tumbuh jamur di karpet mobil dapat saja terjadi terutama saat musim hujan. Penyebabnya bisa karena saat kita masuk ke dalam mobil, sepatu basah dan kotor.

Jadi, pastikan untuk menjemur karpet minimal seminggu sekali. Selain itu, karpet mobil juga perlu dicuci setidaknya sebulan sekali agar kotoran tidak menumpuk terlalu lama.

Cari parkir dalam ruangan

Pada musim hujan, sebaiknya kebiasaan memarkir kendaraan di luar ruangan dikurangi dulu. Terlalu lama diguyur hujan tidak baik untuk mobil kesayangan. Ya itu tadi, bisa saja bekas hujan yang tidak segera dibersihkan menjadi kerak di bodi mobil.

Jadi, kalau misalnya pun terpaksa memarkir di luar ruangan, pastikan untuk segera mengeringkan bodi mobil supaya tidak ada kesempatan tumbuh jamur atau malah membuat cat jadi kusam.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana yang bisa membuat mobil tetap sehat saat musim hujan. Kalau mobil terawat mulai dari mesin sampai bodi, tentu nantinya harga jual tetap stabil, terutama ketika ingin menjual mobil lama untuk mendapat mobil dengan spesifikasi lebih canggih.

Ngomong-ngomong soal ganti mobil, mobil88 juga menerima tukar-tambah mobil loh. Kamu bisa jual mobil lamamu di mobil88 dan beli mobil bekas berkualitas yang spesifikasinya lebih kece. Soal harga juga pasti lebih oke dibanding beli mobil baru kan. 

Soal kualitas juga terjamin karena kami punya jaminan bernama buyback guarantee. mobil88 menjamin bahwa mobil bukan bekas tabrakan yang efeknya ada pada kestabilan rangka. Mobil pun dijamin bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan masalah kelistrikan atau juga karat dan keropos.

Jaminan lainnya mencakup nomor rangka dan mesin yang sesuai STNK, serta jaminan terbebas dari urusan hukum. Jadi, rasanya jadi serba aman meski mobil bekas. Siap ganti mobil? Yuk cari mobil impianmu di sini.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."